Skip to main content

Posts

Featured Post

THE SCHRÖDINGER EQUATION

Imagine a particle of mass m, constrained to move along the x-axis, subject to some specified force F(x, t). The program of classical mechanics is to deter- mine the position of the particle at any given time: x(t). Once we know that, we can figure out the velocity (\( v=\frac{dx}{dt}\) ), the momentum (p = mv), the kinetic energy ( \( T=\frac{1}{2}mv^2 \) ), or any other dynamical variable of interest. And how do we go about determining x(t)? We apply Newton's second law: F = ma. (For conservative systems the only kind we shall consider, and, fortunately, the only kind that occur at the microscopic level---the force can be expressed as the derivative of a potential energy function, \( F=-\frac{\partial V}{\partial x} \) , and Newton's law reads \( m\frac{d^2x}{dt^2}=-\frac{\partial V}{\partial x} \) .) This, together with appropriate initial conditions (typically the position and velocity at t 0), determines x(t). Quantum mechanics approaches this same problem quite differentl

SOAL DAN JAWABAN RADIASI GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK

Soal Nomor 1. Berdasarkan pancaran, gelombang elektromagnetik yang mempunyai energi terkecil adalah .... A. sinar gamma  B. sinar X  C. gelombang radio  D. sinar merah  E. sinar ungu  Soal Nomor 2. Jika sinar ultraviolet, sinar inframerah, dan sinar gamma berturut-turut ditandai dengan x, y, dan z, urutan yang menunjukkan kuantum energi yang semakin besar adalah ....  A. x, z, y B. x, y, z C. y, x, z D. y, z, x E. z, y, x Soal Nomor 3. Gejala yang hanya terjadi pada gelombang elektromagnetik, tetapi tidak terjadi pada gelombang bunyi adalah .... A. dispersi  B. polarisasi  C. pemantulan  D. interferensi  E. difraksi  Soal Nomor 4 Gambar pada layar televisi, kadang-kadang terganggu oleh kendaraan bermotor yang lewat di dekatnya. Hal ini disebabkan ....  A. bunyi yang keluar dari knalpot  B. loncatan api listrik  C. getaran yang timbul karena gerak motor  D. getaran akibat suara motor  E. gerak bolak-balik silinder pengisap  Soal Nomo

Penguatan Kompetensi Sosial dan Emosional Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) di Sekolah

Kita tentunya sepakat dengan ungkapan tersebut. Selain dari interaksi dengan teman-temannya, murid-murid kita akan belajar dari interaksi mereka dengan para pendidik dan tenaga kependidikan (PTK)  di sekolah.  Oleh sebab itu, penguatan kompetensi sosial dan  emosional pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah menjadi salah satu indikator  penting dalam pembelajaran sosial emosional di sekolah. Pendidik dan tenaga kependidikan perlu memiliki kesempatan secara reguler untuk mengembangkan kompetensi sosial, emosional dan budaya mereka sendiri, berkolaborasi, membangun hubungan saling percaya dan memelihara komunitas yang erat.  Berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk memperkuat pembelajaran sosial emosional pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah: 1. Memodelkan (menjadi teladan): Mendukung pendidik dan tenaga kependidikan  dalam memodelkan kompetensi dan  pola pikir di seluruh komunitas sekolah dengan murid, keluarga murid, mitra komunitas, dan satu sama lain. Ini dapat m

ISLAM 5 PILLARS

The Prophet Muhammad (peace be upon him) said, "Islam is built upon five pillars; bearing witness that there is no god but Allah, and Muhammad is the Messenger of Allah, establishing the prayer, giving zakat, fasting in Ramadan, and performing the pilgrimage to the House of Allah." The Pillars of Islam are the obligatory acts of worship for every Muslim. One's Islam is not considered complete unless they believe in the obligation of these pillars and practice them all, as Islam is built upon them. Therefore, they are referred to as the Pillars of Islam. The First Pillar: The testimony 'Lā ilāha illallāh' and 'Muḥammad rasūlullāh' Allah the Almighty has stated," "Therefore, know that there is no deity worthy of worship except Allah." [Muhammad/47: 19] Allah the Almighty also says, "Indeed, there has come to you a Messenger from among yourselves. Grievous to him is what you suffer; [he is] concerned over you and to the believers is kind a

SOAL DAN PEMBAHASAN TEORI PEMBENTUKAN BUMI

Soal Nomor 1. Waktu pembentukan Bumi sekitar .... A. 400 juta tahun yang lalu B. 2,5 milyar tahun yang lalu C. 4,6 milyar tahun yang lalu D. 245 juta tahun yang lalu E. 540 juta tahun yang lal Pembahasan :  Sekitar 4,6 hingga 4 miliar tahun yang lalu, Bumi masih berada dalam tahap awal pembentukannya yang disebut sebagai "lautan api". Pada periode ini, permukaan Bumi dipenuhi oleh lautan magma yang panas menyala akibat dari proses-proses pemanasan yang terjadi selama kondensasi awal dari materi tata surya. Pada masa tersebut, Bumi mengalami pemadatan secara bertahap, di mana partikel dan bahan-bahan yang ada mulai mendekat dan saling berinteraksi secara gravitasi. Pada masa ini, belum ada tanda-tanda kehidupan di Bumi. Kondisi panas dan ekstrem membuatnya sulit untuk berkembangnya bentuk kehidupan seperti yang kita kenal saat ini. Proses-proses biologis dan evolusi yang memunculkan keanekaragaman hayati masih belum terjadi. Sebagai gantinya, plan

Belajar Lebih Cepat dan Lebih Efektif: Menggunakan Kekuatan Neurosains

Saya marah. Dan saya marah karena saya berharap saya tahu ini saat saya lebih muda. Jadi saya seorang ahli neurosains dan seorang dosen. Sebagai ahli neurosains, saya memahami otak dan sistem saraf yang memengaruhi seluruh tubuh. Sementara itu, sebagai dosen, saya berbagi pengetahuan dengan generasi berikutnya di bidang kesehatan. Seringkali saya melihat siswa, terutama yang lebih tua, mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran. Namun, saya sadar bahwa hal ini bukanlah kesalahan mereka. Kita tidak selalu diajarkan bagaimana cara belajar dengan efektif; kita hanya menganggapnya sebagai sesuatu yang terjadi dengan sendirinya. Apa yang mungkin lebih menyulitkan adalah kesulitan untuk belajar seiring bertambahnya usia. Namun, saya ingin memberitahu Anda bahwa ada langkah-langkah konkret yang dapat kita ambil untuk mempercepat dan memperbaiki proses pembelajaran. Mari kita telusuri lebih dalam ilmu neurosains di balik enam faktor penting yang dapat meningkatkan kemampuan belajar Anda: pe

Dasar Dasar Pendidikan : Membentuk Karakter Anak dengan Bijak

1. Arti dan Masksud Pendidikan Kata ‘Pendidikan’ dan ‘Pengajaran’ itu seringkali dipakai bersamasama. Sebenarnya gabungan kedua kata itu dapat mengeruhkan pengertiannya yang asli. Ketahuilah, pembaca yang terhormat, bahwa sebenarnya yang dinamakan ‘pengajaran’ (onderwijs) itu merupakan salah satu bagian dari pendidikan. Maksudnya, pengajaran itu tidak lain adalah pendidikan dengan cara memberi ilmu atau berfaedah buat hidup anak-anak, baik lahir maupun batin. Sekarang saya akan menerangkan arti dan maksud pendidikan (opvoeding) pada umumnya. Dengan sengaja saya memakai keterangan ‘pada umumnya’, karena dalam arti khususnya, pendidikan mempunyai beragam jenis pengertian. Bisa dikatakan bahwa tiap-tiap aliran hidup, baik aliran agama maupun aliran kemasyarakatan mempunyai maksud yang berbeda. Tidak hanya maksud dan tujuannya yang berbeda-beda, cara mendidiknya juga tidak sama. Mengenai keadaan yang penting ini, saya kan menerangkan secara lebih luas. Walaupun bermacam-macam maksud, tujua

Post Tes Bimbingan dan Konseling: Layanan Dasar

 1. Pendekatan yang tepat dalam melakukan kegiatan layanan dasar untuk peserta didik di usia remaja adalah...  A. Pembagian pamflet  B. Metode ceramah  C. Kerja kelompok D. Semua di atas benar 2. Perencanaan kegiatan layanan dasar dilakukan dengan menentukan kegiatan dalam bentuk...  A. Program harian di kelas, program harian di satuan pendidikan, program bulanan di satuan pendidikan, program tahunan untuk lingkungan sekolah  B. Program tahunan yang dikaitkan dengan hari peringatan tertentu  C. Program tahunan, program per kuartal, per bulan atau per minggu  D. Semua di atas benar 3. Salah satu cara agar semua topik hasil analisis kebutuhan peserta didik dapat tersampaikan adalah...  A. Mengintegrasikan topik dalam projek profil {} B. Menentukan metode dan indikator pemenuhan kebutuhan peserta didik  C. Mengundang semua peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam pelaksanaan program layanan dasar  D. Mengundang ahli untuk mengkonfirmasi hasil analisis kebutuhan peserta didik 4. Susu