Sunday 22 October 2023

SOAL DAN PEMBAHASAN TEORI PEMBENTUKAN BUMI

Soal Nomor 1.
Waktu pembentukan Bumi sekitar ....
A. 400 juta tahun yang lalu
B. 2,5 milyar tahun yang lalu
C. 4,6 milyar tahun yang lalu
D. 245 juta tahun yang lalu
E. 540 juta tahun yang lal


Pembahasan : 


Sekitar 4,6 hingga 4 miliar tahun yang lalu, Bumi masih berada dalam tahap awal pembentukannya yang disebut sebagai "lautan api". Pada periode ini, permukaan Bumi dipenuhi oleh lautan magma yang panas menyala akibat dari proses-proses pemanasan yang terjadi selama kondensasi awal dari materi tata surya. Pada masa tersebut, Bumi mengalami pemadatan secara bertahap, di mana partikel dan bahan-bahan yang ada mulai mendekat dan saling berinteraksi secara gravitasi.


Pada masa ini, belum ada tanda-tanda kehidupan di Bumi. Kondisi panas dan ekstrem membuatnya sulit untuk berkembangnya bentuk kehidupan seperti yang kita kenal saat ini. Proses-proses biologis dan evolusi yang memunculkan keanekaragaman hayati masih belum terjadi. Sebagai gantinya, planet ini sedang melalui fase awal dan dinamis dari evolusi dan perkembangannya menuju kondisi yang lebih stabil.


Jawaban : C

SOAL DAN PEMBAHASAN TEORI PEMBENTUKAN BUMI


Soal Nomor 2

Berdasarkan teori big bang, alam semesta terbentuk pada ....

A. 10 – 15 milyar tahun yang lalu

B. Masa yang tidak bisa diprediksi sama sekali

C. 1,5 milyar tahun yang lalu

D. 6 – 9 milyar tahun yang lalu

E. Semua jawaban salah


Pembahasan :


Teori big bang adalah teori ledakan besar yang menjelaskan mengenai pembentukan alam semesta pada 10 - 15 milyar tahun yang lalu. Alam semesta berupa bentuk padat dan panas yang berukuran kecil yang setelah dentuman besar terus berkembang hingga saat ini.


Jawaban : A


Soal Nomor 3

Berikut yang merupakan pernyataan tentang teori big bang adalah ....

A. Matahari telah ada sebelum alam semesta terbentuk 

B. Alam semesta mengalami pengembangan hingga saat ini 

C. Ledakan besar berasal dari tabrakan dua bintang besar 

D. Massa matahari mencuat akibat gaya tarik bintang lain 

E. Planet-planet lain berasal dari massa matahari yang terlepas 


Pembahasan :


Teori big bang menyatakan bahwa alam semesta berasal dari ukuran super atom, artinya alam semesta berasal dari "nol" dengan tidak ada matahari. Super atom ini kemudian mengalami ledakan besar sehingga terjadi pengembangan semesta. Dalam pengembangan tersebut terbentuk pula matahari, bumi dan planet-planet lainnya. Pengembangan alam semesta masih terjadi hingga Saat ini.


Jawaban : B



Soal Nomor 4

Teori asal bumi oleh Kant dan Laplace menyatakan bahwa matahari dan planet-planetnya berasal dari ….. yang berputar akibat gravitasi, kemudian mengalami pemilihan dan selama ….. materi di pusat menjadi matahari sedangkan materi yang terlepas membentuk cincin.

A.  kabut raksasa, ledakan

B.  massa matahari, gravitasi

C.  massa matahari,  melintas

D.  kabut raksasa,  terlontar

E.  kabut raksasa,  kontraksi


Pembahasan :


Teori oleh Kant dan Laplace dikenal dengan teori nebula atau teori kabut yang menyatakan adanya nebula ( kabut raksasa ) berputar akibat gravitasi sehingga mengalami pemipihan. Pembentukan matahari dan planet – planet lainnya terjadi selama masa kontraksi.


Jawaban : E


Soal Nomor 5

Teori pembentukan bumi yang menyatakan adanya massa matahari yang terlepas keluar saat berpapasan dengan bintang lain adalah teori ....

A. Teori pasang surut

B. Teori planetisimal

C. Teori big bang

D. a, b, dan c benar

E. a dan b benar


Pembahasan :


Teori pasang surut berpendapat bahwa planet-planet berasal dari material yang terlepas dari matahari akibat pertemuan dengan bintang lain yang menyebabkan gelombang pasang.


Teori planetisimal menyatakan bahwa adanya bintang lain yang melewati matahari, menciptakan gaya tarik-menarik besar yang mengakibatkan sebagian massa matahari terlepas.


Teori big bang adalah konsep tentang asal usul alam semesta yang mengatakan bahwa semuanya dimulai dari ledakan besar atau dentuman besar yang berasal dari kumpulan super atom. Proses ini kemudian membentuk bintang-bintang di galaksi selama jutaan tahun.


Jawaban : E


Soal Nomor 6

Dalam teori planetesimal, massa matahari yang terlepas selanjutnya menjadi ....

A. Planet

B. Kabut

C. Matahari

D. Gravitasi

E. Menghilang


Pembahasan :


Teori planetesimal memberikan penjelasan tentang pembentukan planet dari materi yang berasal dari matahari. Massa matahari yang terlepas karena pengaruh gravitasi dari bintang lain kemudian mengalami proses pendinginan dan berubah menjadi planet


Jawaban : A


Soal Nomor 7

Proses pemadatan bumi dimana planet memiliki bagian berlapis-lapis disebut ....

A. akresi

B. kontraksi

C. homogenitas

D. tumbukan

E. konveksi


Pembahasan :


Selama proses pemadatan bumi, kontraksi adalah tahap di mana planet mengerut dan menjadi semakin padat. Proses ini dicirikan oleh berkurangnya ruang di dalam planet, yang mengakibatkan terbentuknya lapisan-lapisan yang memiliki sifat-sifat yang berbeda. Selama kontraksi, unsur-unsur ringan seperti hidrogen (H) dan helium (He) dapat hilang ke angkasa karena tekanan yang dihasilkan oleh pemadatan yang kuat. Hal ini menyebabkan planet mengalami perubahan drastis dalam komposisi dan struktur fisiknya.


Jawaban : B


Soal Nomor 8.

Proses pemadatan bumi dimana masih merupakan Protoplanet dengan kerapatan kecil disebut ....

A. Akresi

B. Kontrakasi

C. Homogenitas

D. Tumbukan

E. Konveksi


Pembahasan :


Saat Protoplanet masih berada dalam tahapannya yang memiliki volume besar dan kerapatan yang rendah, komponen gas masih tersebar tidak merata di sekitarnya. Tahap ini disebut akresi, di mana materi dan gas dari sekitarnya mulai bergerak mendekati dan terakumulasi di permukaan Protoplanet. Proses ini merupakan langkah awal dalam pembentukan dan pertumbuhan sebuah planet.


Jawaban : A  


Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

Comments


EmoticonEmoticon