Skip to main content

Posts

Featured Post

THE SCHRÖDINGER EQUATION

Imagine a particle of mass m, constrained to move along the x-axis, subject to some specified force F(x, t). The program of classical mechanics is to deter- mine the position of the particle at any given time: x(t). Once we know that, we can figure out the velocity (\( v=\frac{dx}{dt}\) ), the momentum (p = mv), the kinetic energy ( \( T=\frac{1}{2}mv^2 \) ), or any other dynamical variable of interest. And how do we go about determining x(t)? We apply Newton's second law: F = ma. (For conservative systems the only kind we shall consider, and, fortunately, the only kind that occur at the microscopic level---the force can be expressed as the derivative of a potential energy function, \( F=-\frac{\partial V}{\partial x} \) , and Newton's law reads \( m\frac{d^2x}{dt^2}=-\frac{\partial V}{\partial x} \) .) This, together with appropriate initial conditions (typically the position and velocity at t 0), determines x(t). Quantum mechanics approaches this same problem quite differentl

Asas Black: Pengertian, Contoh Soal, dan Penerapannya dalam Kehidupan Sehari-hari

 Asas Black, atau yang dikenal juga sebagai Hukum Pertukaran Kalor, merupakan salah satu prinsip dasar dalam termodinamika. Asas ini menyatakan bahwa ketika dua benda dengan suhu yang berbeda dihubungkan secara termal, maka kalor akan mengalir dari benda yang suhunya lebih tinggi ke benda yang suhunya lebih rendah. Dalam penerapannya, Asas Black sering digunakan untuk menghitung jumlah kalor yang dilepaskan atau diterima oleh suatu benda. Contoh soal yang sering muncul adalah perhitungan suhu campuran antara dua zat yang suhunya berbeda menggunakan Asas Black. Pembahasan soal tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan rumus-rumus termodinamika yang berhubungan dengan Asas Black. Dalam kehidupan sehari-hari, Asas Black juga sering diaplikasikan pada berbagai peralatan seperti kalorimeter dan termometer. Selain itu, prinsip ini juga digunakan dalam proses pemanasan dan pendinginan bahan, seperti dalam proses pendinginan mesin dan pemanasan makanan. Dengan

20+ Contoh soal gerak lurus dan pembahasannya

Pada artikel kali ini fokusfisika.com akan menyajikan tentang contoh soal gerak lurus dan pemahasannya secara lengkap agar memudahkan dalam belajar fisika. Silahkan dipelajari sampai selesai agar menambah pemahaman anda. Contoh soal dan pembahasan gerak lurus Soal gerak lurus nomor 1 Setelah 2 s dari keadaan diam, kecepatan benda menjadi 4 m/s. Kemudian, benda bergerak dengan kecepatan konstan. Waktu total dari waktu diam, yang dibutuhkan benda untuk mencapai jarak total 10 m adalah ….. A. 7,5 s B. 6,0 s C. 5,5 s D. 4,5 s D. 3,5 s Pembahasan : Percepatan benda selama t 1 = 2 sekon pertama adalah : \begin{align*} a &= \frac{v}{t} \\ &= \frac{4}{2} \\ &= 2 \quad \textrm{m/s}^2 \end{align*}  Jarak tempuh benda saat 2 s pertama adalah : \begin{align*} s &= v_ot + \frac{1}{2}at^2 \\ &= 0\cdot 2 + \frac{1}{2}\cdot 2\cdot 2^2 \\ &= 0 + 4 \\ &= 4 \quad \textrm{m} \end{align*} Sisa jarak tempuh = 10 m – 4 m = 6 m

Soal dan Pembahasan Tentang Gerak Harmonik

Soal Nomor 1 Sebuah benda yang bergetar harmonik selalu mempunyai .... A. kecepatan terbesar pada simpangan terkecil B. kecepatan yang konstan C. simpangan yang berbanding lurus dengan gaya pergeseran D. amplitudo kecil E. kecepatan terbesar pada saat simpangan terbesar Soal Nomor 2 Sebuah pegas digantungkan beban m. Jika y adalah pertambahan panjang pegas, periode benda saat pegas bergetar harmonik adalah .... A. \( 2\pi\sqrt{\frac{mg}{y}} \) B. \( \pi\sqrt{\frac{mg}{y}} \) C. \( 2\pi\sqrt{\frac{y}{g}} \) D. \( \frac{1}{y}\sqrt{mg} \) E. \( \pi m\sqrt{\frac{g}{y}} \) Pembahasan : \begin{align*} \omega &= \sqrt{\frac{k}{m}} \\ \frac{2\pi}{T} &= \sqrt{\frac{\frac{mg}{y}}{m}} \\ T&= 2\pi \sqrt{\frac{y}{g}} \end{align*} Jawaban : C Soal Nomor 3 Sebuah benda bergetar harmonik dengan amplitudo A. Pada saat kecepatannya sama dengan setengah kecepatan maksimum, maka besar simpangannya adalah .... A. \( \sqrt{3}A\) B. \( \sqrt{2}A\) C. \( \fra

Soal dan Pembahasan Gelombang Cahaya

Soal Nomor 1. Pada gelembung sabun dapat terlihat warna pelangi. Hal itu disebabkan oleh peristiwa . . . .  A. dispersi  B. pembiasan   C. difraksi  D. hamburan  E. interferensi Soal Nomor 2. Dalam percobaan celah ganda Young, jarak pisah antara kedua celah dijadikan dua kali semula dan jarak celah dari layar dijadikan setengah kali semula. Jarak antara dua pita gelap yang berdekatan adalah .... A.  \( \frac{1}{4} \) kali B.  \( \frac{1}{2} \) kali C. tetap D. 2 kali E. 4 kali Pembahasan : Jarak antara dua pita gelap yang berdekatan n = 1. d’ = 2d L’ =  \( \frac{1}{2} \) L \begin{align*} \frac{\frac{dy}{L}}{\frac{d'y'}{L'}} &= \frac{n\lambda}{n\lambda} \\ \frac{\frac{dy}{L}}{\frac{d'y'}{L'}} &= \frac{1\lambda}{1\lambda} \\ \frac{\frac{dy}{L}}{\frac{d'y'}{L'}} &= 1 \\ \frac{dy}{L} &= \frac{d'y'}{L'} \\ \frac{dy}{L} &= \frac{2d\cdot y'}{\frac{1}{2}L} \\ y &= 4y' \\ y&#

SOAL DAN JAWABAN RADIASI GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK

Soal Nomor 1. Berdasarkan pancaran, gelombang elektromagnetik yang mempunyai energi terkecil adalah .... A. sinar gamma  B. sinar X  C. gelombang radio  D. sinar merah  E. sinar ungu  Soal Nomor 2. Jika sinar ultraviolet, sinar inframerah, dan sinar gamma berturut-turut ditandai dengan x, y, dan z, urutan yang menunjukkan kuantum energi yang semakin besar adalah ....  A. x, z, y B. x, y, z C. y, x, z D. y, z, x E. z, y, x Soal Nomor 3. Gejala yang hanya terjadi pada gelombang elektromagnetik, tetapi tidak terjadi pada gelombang bunyi adalah .... A. dispersi  B. polarisasi  C. pemantulan  D. interferensi  E. difraksi  Soal Nomor 4 Gambar pada layar televisi, kadang-kadang terganggu oleh kendaraan bermotor yang lewat di dekatnya. Hal ini disebabkan ....  A. bunyi yang keluar dari knalpot  B. loncatan api listrik  C. getaran yang timbul karena gerak motor  D. getaran akibat suara motor  E. gerak bolak-balik silinder pengisap  Soal Nomo

Penguatan Kompetensi Sosial dan Emosional Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) di Sekolah

Kita tentunya sepakat dengan ungkapan tersebut. Selain dari interaksi dengan teman-temannya, murid-murid kita akan belajar dari interaksi mereka dengan para pendidik dan tenaga kependidikan (PTK)  di sekolah.  Oleh sebab itu, penguatan kompetensi sosial dan  emosional pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah menjadi salah satu indikator  penting dalam pembelajaran sosial emosional di sekolah. Pendidik dan tenaga kependidikan perlu memiliki kesempatan secara reguler untuk mengembangkan kompetensi sosial, emosional dan budaya mereka sendiri, berkolaborasi, membangun hubungan saling percaya dan memelihara komunitas yang erat.  Berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk memperkuat pembelajaran sosial emosional pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah: 1. Memodelkan (menjadi teladan): Mendukung pendidik dan tenaga kependidikan  dalam memodelkan kompetensi dan  pola pikir di seluruh komunitas sekolah dengan murid, keluarga murid, mitra komunitas, dan satu sama lain. Ini dapat m

ISLAM 5 PILLARS

The Prophet Muhammad (peace be upon him) said, "Islam is built upon five pillars; bearing witness that there is no god but Allah, and Muhammad is the Messenger of Allah, establishing the prayer, giving zakat, fasting in Ramadan, and performing the pilgrimage to the House of Allah." The Pillars of Islam are the obligatory acts of worship for every Muslim. One's Islam is not considered complete unless they believe in the obligation of these pillars and practice them all, as Islam is built upon them. Therefore, they are referred to as the Pillars of Islam. The First Pillar: The testimony 'Lā ilāha illallāh' and 'Muḥammad rasūlullāh' Allah the Almighty has stated," "Therefore, know that there is no deity worthy of worship except Allah." [Muhammad/47: 19] Allah the Almighty also says, "Indeed, there has come to you a Messenger from among yourselves. Grievous to him is what you suffer; [he is] concerned over you and to the believers is kind a