Hakikat Ilmu Fisika

Sains adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari gejala alam melalui pengamatan, eksperimen, dan analisis. Fisika sebagai cabang dan sains merupakan ilmu pengetahuan alam yang mempelajari materi dan energi serta interaksi antara keduanya. Adapun hakikat adalah inti atau dasar dan segala sesuatu. Menurut Collete dan Chiappetta, sains pada hakikatnya merupakan sebuah produk atau kumpulan pengetahuan (a body knowledge), sikap atau cara berpikir (a way of thinking), dan proses atau cara untuk menyelidiki (a way of investigating). Sebagai cabang dan sains, hakikat Fisika sama dengan hakikat sains sehingga dapat disimpulkan bahwa hakikat Fisika adalah Fisika sebagai produk (a body knowledge), sikap (a way of thinking), dan proses (a way of investigating).

1. Fisika sebagai Produk
Dalam Fisika, yang dimaksud dengan produk adalah kumpulan pengetahuan yang dapat berupa fakta, konsep, prinsip, hukum, rumus, teori, dan model.

2. Fisika sebagai Proses
Semua jenis produk tersebut dihasilkan setelah kita mempelajari gejala alam yang melibatkan materi, energi, dan interaksinya melalui serangkaian proses. Proses tersebut meliputi langkah-langkah pengamatan, perumusan masalah, penyusunan hipotesis, pengujian hipotesis melalui eksperimen, analisis data, dan penarikan kesimpulan.

3. Fisika sebagai Sikap
Setiap langkah dalam proses tersebut membutuhkan sikap ilmiah yang baik, antara lain rasa ingin tahu, rasa percaya, kreatif, teliti, objektif, jujur, terbuka, mau bekerja sama, dan mau mendengarkan pendapat orang lain.

Related Posts :